Rabu, 15 April 2015

EFEK DOPPLER

Pernahkah kalian mengalami sebuah peristiwa sehari-hari ini? Saat berada di tepi jalan raya anda mendengar suara sirine yang berbunyi dari mobil polisi. Sirine tersebut kita dengar berubah-ubah, dari kejauhan hingga melewati kita dan kembali menjauh mendahului kita. Mengapa hal tersebut terjadi? Jawabannya adalah Efek Doppler.

Apakah yang dimaksud Efek Doppler itu?

Efek Doppler adalah perubahan dalam frekuensi gelombang suara yang terjadi ketika sumber gelombang suara bergerak relatif terhadap pendengar stasioner. (Ini juga dapat terjadi ketika sumber suara stasioner dan pendengar bergerak.) Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana efek doppler terjadi!
Gelombang suara dari mobil polisi Sirine perjalanan ke luar di segala penjuru. Karena mobil balap ke depan (ke kiri), gelombang suara mendapatkan berkumpul di depan mobil dan tersebar di balik itu. Gelombang suara yang lebih dekat bersama-sama memiliki frekuensi yang lebih tinggi, dan gelombang suara yang jauh terpisah memiliki frekuensi yang lebih rendah. Frekuensi gelombang suara, pada gilirannya, menentukan nada suara. Gelombang suara dengan frekuensi yang lebih tinggi menghasilkan suara dengan nada yang lebih tinggi, dan gelombang suara dengan frekuensi yang lebih rendah menghasilkan suara dengan nada rendah.
Efek Doppler
Seperti yang tampak pada video berikut ini:
Efek Doppler (atau pergeseran Doppler), dinamai oleh fisikawan Austria, Christian Doppler pada tahun 1842.
Untuk gelombang yang merambat di media, seperti gelombang suara, kecepatan pengamat dan sumber yang relatif terhadap media di mana gelombang ditransmisikan. Efek Doppler total terjadi karena hasil dari gerakan sumber, gerak pengamat atau gerak media. Masing-masing efek ini dianalisis secara terpisah. Untuk gelombang yang tidak memerlukan media, seperti cahaya atau gravitasi secara relativitas umum, hanya perbedaan relatif dalam kecepatan antara pengamat dan sumber.

Persamaan Efek Doppler
Adapun persamaan yang digunakan dalam menghitung atau menentukan frekuensi yang didengan pengamat yang diam atau bergerak, adalah sebagai berikut:
# Rumus Efek Doppler tanpa dipengaruhi angin
rumus efek doppler tanpa pengaruh angin
# Rumus Efek Doppler dengan dipengaruhi angin
rumus efek doppler dengan pengaruh angin

Dengan peraturan positif negatifnya kecepatan pengamat, sumber bunyi dan angin sebagai berikut:
  • Vp positif jika pengamat mendekati sumber, dan bernilai negatif jika menjauhi sumber
  • Vs positif jika menjauhi pengamat dan bernilai negatif jika mendekati pengamat
  • Va positif jika arah angin dari sumber ke pengamat, dan negatif jika arah angin dari pengamat ke sumber
  • Vs atau Vp bernilai nol jika dalam keadaan diam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar